Cara Mengembalikan Mental Burung Cendet yang Drop

Cara Mengembalikan Mental Cendet yang Drop – Burung cendet adalah burung kicau yang dikenal sangat fighter dan gacor. Burung cendet mampu bertanding dengan burung sejenisnya yang memiliki mental kuat dan petarung yang sangat ganas. Tapi, pernahkah anda mengira bahwa burung cendet yang kuat dan mempunyai mental petarung hebat bisa mengalami drop mental?

Mungkin sebagian kicau mania ada yang tidak mempercayainya. Burung jenis apakah yang mempu membuat burung cendet menjadi drop mental, mungkin pertanyaan seperti itulah yang akan mereka utarakan. Dan kebiasaan seperti inilah yang sering dikeluhkan oleh kicau mania. Mental dan perilakunya ketika drop akan berubah sehingga tidak dapat ditampilkan ketika lomba.

Bahkan saat dirumah burung cendet sudah banyak tingkah atau lebih sering berada di atas sangkar. Jika kondisinya normal, sebenarnya cendet mempunyai mental yang bagus. Bahkan sangat diandalkan ketika bertarung, sebab cendet adalah fighter sejati. Pada saat dialam liarnya burung cendte dikenal sebagai burung predator mini.

Namun dalam hal ini belum dapat diketahui secara pasti apakah burung cendet ketika dialam liar bisa mengalami drop mental? Terutama saat menghadapi burung sejenisnya. Namun, memelihara burung cendet dalam sangkar burung cendet akan lebih rentan mengalami drop mental.

Hal ini memang sering terjadi pada burung cendet yang jarang dilatih, contohnya seperti latberan atau ditrek dengan burung cendet teman sekomunitas. Tapi selain itu pasti ada beberapa faktor pemicunya. Faktor pemicu seringkali seringkali berkaitan dengan perawatan dan pelatihannya sehari-hari.

Untuk menjaga mental cendet lomba tetap stabil apalagi pada saat dilombakan, Anda hanya perlu melakukan perawatan dan pelatihan dengan maksimal. Bagaimana cara melatih cendet? Simak ulasannya dibawah ini.

Metode Untuk Meningkatkan Mental Cendet Drop

Sebenarnya ada banyak sekali metode ketika melatih burung cendet versi https://www.bangparid.com/. Namun, kali ini saya akan menjelaskan beberapa metode saja yang bisa anda terapkan untuk cendet. Rangkaian perawatan kali ini saling berkaitan satu sama lain, sehingga perlu dilakukan secara bersamaan.

1. Mengajak Burung Cendet Jalan-jalan

Dengan rutin membawa burung cendet jalan-jalan adalah cara terbaik untuk mengembalikan mentalnya yang drop. Karena pada saat keluar rumah burung akan merasakan lingkungan baru dan suasananya. Ketika mengajaknya jalan-jalan, anda bisa menggunakan mobil atau motor. Bawalah burung cendet ke lapangan yang pinggirnya banyak pohon rindag.

Cobalah untuk menggantangnya di pohon tersebut. Selain itu anda juga bisa mempertemukan cendet dengan burung sejenis. Dalam cara tersebut, anda harus berjanjian dengan teman-teman sekomunitas. Untuk berkumpul di suatu tempat yang luas seperti taman atau lapangan.

2. Hindari Mengubah Posisi Tenggeran

Burung cendet termasuk burung petengger yang sangat menyukai tangkringan atau tempat tenggeran. Tempat tersebut merupakan suatu tempat ternyaman bagi burung cendet anda ketika di dalam sangkar. Oleh sebab itu jangan sampai anda mengubah posisi tangkringan atau tenggerannya.

Dengan posisi tenggeran yang nyaman dan merupakan salah satu cara yang paling penting untuk membuat burung cendet and anagen, tidak lompat-lompat dan menjadi salto. Jangan mengganti posisi tangkringan atau bahkan menggantikannya dengan yang baru.

Pergantian tenggeran boleh saja dilakukan jika cendet merasa tidak nyaman. Tapi pastikanlah sejak awal bahwa tenggeran atau tangkringan sudah cocok dan pas untuk cendet anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Burung Cendet Berdiri Tegak dan Gacor Isian

3. Jangan Mengubah Posisi Pakan dan Minumnya

Sangat disarankan bahwa anda tidak akan mengubah posisi tempat pakan dan minumnya. Saat mengisi air minum dan mengganti pakan, taruhlah tempat pakan dan minumnya seperti posisi semula. Jika posisi tempat pakan dan minum sering berubah-ubah, cendet akan berubah menjadi nakal dan tidak mau diam.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi cendet yang drop mental. Memang tidak mudah merawat burung cendet apalagi cendet lomba. Tapi, merawat burung kicau sangatlah menyenangkan jika sudah menjadi hobi. Oleh sebab, itu lakukanlah perawatan dengan agar cendet tidak drop mental.