Menu Makanan Vegetarian Saat Lebaran Idhul Fitri

Makanan Vegetarian Lebaran Idhul Fitri – Sekarang ini sudah banyak orang yang melakukan gaya hidup sehat. Banyak sekali cara yang di pilih setiap orang untuk memulai gaya hidup sehatnya. Namun, gaya hidup sehat yang banyak dipilih masyarakat indonesia adalah vegetarian. Vegan atau vegetarian merupakan gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi makanan yang berasa dari hewan, seperti daging dan ikan.

Namun ada dua istilah yaitu vegan dan vegetarian. Apakah keduanya memiliki arti yang sama? Meskipun dianggap sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan istilah. Pada umumnya diet vegetarian dilakukan demi kepentingan tertentu. Setiap orang memiliki alasan untuk melakukan diet vegetarian, misalnya kepentingan kesehatan, lingkungan atau keyakinan.

Jika anda tertarik untuk melakukan diet sehat tersebut, sebelumnya anda harus mengetahui perbedaan vegan dan vegetarian. Vegetarian adalah gaya hidup sehat yang menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan dari hewan, seperti daging sapi, daging kambing, daging unggas, daging babi, dan aneka seafood.

Pola makan yang dianjurkan dalam diet vegetarian yaitu sayuran, buah-buahan , biji-bijian dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk vegan adalah tipe vegetarian, namun ada batasan makanan yang dikonsumsi pada pola makan tersebut sangat ketat.

Menurut timkuliner.com, gaya hidup sehat vegan lebih ekstrem dibandingkan vegetarian. Selain menghindari makanan dari hewan, para vegan juga harus menahan diri dari mengonsumsi susu dan telur serta apapun itu yang berasal dari hewan.

Namun kali ini kami akan membahas beberapa menu makanan yang kerap disajikan dalam hidangan khas lebaran hari raya idhul fitri. Meskipun banyak pantangannya, bukan berarti pada vegetarian tidak bisa makan enak. Ingin tahu makanan apa saja yang sering disantap para vegetarian ketika lebaran? Simak penjelasannya lengkapnya dibawah ini.

Makanan Vegetarian Hari Raya Idul Fitri

1. Nasi Kuning

Selain menghidangkan menu makanan lontong dan ketupat, masih banyak sekali sajian makanan lengkap di meja makan yang menghidangkan berbagai macam menu. Perayaan idhul fitri tidak lengkap jika tanpa nasi kuning.

Nasi kuning selalu menjadi pilihan di setiap momen apapun, perlu anda ketahui bahwa nasi kuning bisa menjadi menu makanan para vegetarian. Karena rasanya yang unik nasi kuning sangat cocok di hidangkan bersama aneka lauk pauk. Seperti sambal, tempe orek, telur dadar, dan bihun. Nasi kuning terbuat dari rempah-rempah pilihan dan semua lauk pauk tersebut sangat cocok di konsumsi oleh vegetarian.

2. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang petai juga bisa disajikan ketika hari raya idhul fitri. Hidangan tersebut selalu ada di meja makan ketika perayaan lebaran. Siapa sangka jika makanan tersebut juga cocok menjadi makanan para vegetarian.

Kentang termasuk sayuran yang mengandung karbohidrat. Kentang akan memberikan rasa kenyang lebih lama, apalagi di masak dengan petai. Aromanya yang semerbak akan mengguggah selera.

3. Sayur Lodeh

Pada umumnya para vegetarian akan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein nabati. Sehingga tidak lengkap jika saat lebaran mengonsumsi berbagai olahan sayuran sebagai santapannya. Meskipun pada saat lebaran ciri khasnya makanan berlemak, para vegetarian masih bisa memakannya.

Salah satunya adalah sayur lodeh. Sayur lodeh sangat cocok dijadikan pilihan sebagai menu makanan anda dengan ditambahkan lontong atau ketupat sebagai pelengkapnya.

4. Ketupat dan Lotong

Menu khas lebaran yang paling susah di lewatkan adalah ketupat dan lontong. Biasanya lontong dan ketupat disajikan bersama makanan berkuah pedas dan bersantan. Lontong dan ketupat merupakan makanan yang terbuat dari beras dan air.

Baca Juga :  4 Ide Olahan Daging Cincang Untuk Menu Sarapan

Menu makanan yang satu ini sangat cocok di konsumsi oleh vegetarian dan vegan saat hari raya idhul fitri. Untuk pelengkapnya sesuai selera saja, sebab ada banyak sayur yang bisa anda nikmati bersama lontong dan ketupat.

Akhir Kata

Itulah menu makanan vegetarian dan vegan ketika perayaan hari raya idhul fitri. Menu makanan diatas memang tidak dapat di lewatkan ketika perayaan lebaran. Momen lebaran semakin terasa jika menyajikan makanan diatas. Apalagi ketupat dan lontong, itu semua adalah makanan khas di hari raya.