Perbedaan Burung Cendet Sembur Jantan dan Betina

Perbedaan Cendet Sembur Jantan dan Betina – Membedakan burung cendet jantan dan betina memang tidaklah mudah. Apalagi bagi anda yang masih pemula atau awam dalam dunia burung kicau. Burung cendet adalah burung kicau yang banyak disukai pecinta kicau mania. Jangan mengaku sebagai kicau mania jika tidak bisa membedakan jenis kelamin burung kicau tersebut.

Pada umumnya, jika di perhatikan secara sekilas burung kicau seperti kacer, cendet atau pleci hampir mempunyai fisik dan bentuk yang sama. Padahal semuanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Untuk bisa membedakan, anda perlu memperhatikan dengan teliti dan jeli. Burung cendet adalah burung kicau yang dapat meniru suara kicauan burung lain.

Karena itulah mengapa banyak sekali yang mengidolakan burung kicau tersebut. Dahulu harga burung cendet sangat terjangkau, tapi sekarang karena banyak peminatnya harganya naik melambung tinggi. Permintaan di pasaran juga semakin banyak.

Banyak orang yang lebih memilih burung cendet jantan untuk bertarung dalam kontes. Sebab, burung cendet jantan mempunyai suara yang lebih keras dan lantang. Kualitas yang baik untuk burung kontes memang harus memilih yang berjenis kelamin jantan. Maka dari itu, anda harus mengetahui cara membedakan burung cendet jantan dan betina.

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina

Ketika anda akan membedakan jenis kelamin burung cendet, anda bisa melihatnya dari fisik. Seperti melihat bagian pipi, bentuk kepala, dan warna serta bagian supitnya Berikut cara membedakan cendet jantan dan betina yang kami kutip dari bangparid.com.

1. Meraba tulang pubis

Perbedaan burung cendet jantan dan betina yang paling akurat adalah dengan meraba bagian tulang pubis atau supit urang. Tapi sayangnya, cara tersebut bisa anda lakukan jika burung cendet sudah berusia 4 bulan ke atas. Jika di bawah usia tersebut, bagian tulang pubis atau supit urang tidak akan terlalu terasa walaupun disentuh secara langsung oleh jari.

Baca Juga :  Kode POS Lalowosula/Lalowosuka : Ladongi Kolaka Sulawesi Tenggara

2. Menggunakan cincin emas

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk membedakan burung cendet jantan dan betina yaitu dengan menggunakan cincin emas. Mungkin bagi anda cara seperti ini sangat tidak masuk akal, tapi sudah terbukti kebenarannya bahwa beberapa kicau mania juga menggunakan cincin emas untuk membedakan keduanya.

Jadi nantinya cincin emas akan di berikan tali yang panjangnya sekitar 15-20 cm dan di percaya mampu dipakai untuk menentukan cendet jantan dan betina. Caranya, cincin emas di ikatkan dengan tali tersebut lau digantung di atas kepala burung cendet, dengan jarak sekurar 3-5 cm. Selanjutnya anda perhatikan Gerakan cincin tersebut, jika cincin bergerak maju mundur artinya cendet tersebut berjenis kelamin jantan.

Sedangkan, jika cincin bergerak memutar atau melingkat berarti cendet tersebut betina. Membedakan jenis kelamin burung cendet menggunakan cincin memang tidak selalu akurat. Karena jika terjadi pergeseran Gerakan sedikit saja, akan mempengaruhi hasil pengujian.

Cara seperti ini bisa anda coba dengan menggantung cincin di tempat yang diam. Sehingga akan terlihat jelas, cincin akan bergerak maju mundur atau melingkar. Jika anda tidak yakin dengan cara tersebut, ada baiknya anda mempelajari ciri-ciri burung cendet jantan dan betina. Dengan begitu perbedaan akan terlihat jelas diantara keduanya.

Penutup

Itulah cara membedakan burung cendet jantan dan betina yang wajib anda ketahui. Cara diatas memang terkesan aneh, tapi tenang saja banyak sudah yang menggunaka cara diatas. Dan terbukti kebenarannya, namun menggunakan ciri-ciri sebagai patokan justru jauh lebih baik. Karena sudah pasti benar. Selamat mencoba.