Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris Sesuai Kebutuhan – Tidak dapat dipungkiri jika semakin berkembangnya zaman, membuat perkembangan buku semakin cepat. Begitu halnya dengan kamus bahasa Inggris, dengan bertambahnya pemakai, oleh karena itu kamus juga semakin banyak. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mengetahui kamus seperti apa yang diperlukan.

Sehingga bisa memaksimalkan penguasaan bahasa Inggris sesuai tahapannya. Karena tiap kamus mempunyai kriteria sendiri, seperti jumlah kosakata, jenis isinya, kelengkapan, harga dan termasuk kepraktisannya. Kamus bahasa Inggris banyak dijual di toko buku.

Tetapi, apa kalian sudah tahu kriteria apa yang harus diperhatikan ketika menentukan kamus bahasa Inggris? Jenis kamus, kelengkapan isinya, sampai keaslian kamus itu perlu kalian cari tahu lebih dulu. Bagi kalian yang ingin membeli kamus berbahasa Inggris tetapi masih bingung, berikut tips memilih kamus bahasa Inggris menurut visitpare.

Tips Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Tepat

1. Pilih ukuran kamus sesuai kebutuhan

Ada dua kamus yang menjadi pilihan, satu kamus saku, dan kedua kamus buku. Kedua kamus ini sama-sama bisa menambah kemampuan berbahasa Inggris kalian. Dalam hal ini dengan membawa kamus saku, kalian juga bisa liburan atau pergi kemanapun sambil belajar kosakata. Kamus saku memiliki ukuran kecil, sehingga bisa dimasukkan ke saku celana, jaket, atau pakaian.

Disamping lebih mudah dibawa kemanapun, kalian tidak perlu ragu dengan kelengkapan isinya. Kamus pocket atau saku sekarang ini isinya juga lengkap. Memiliki bentuk kecil karena isinya yang justru lebih singkat, to the point, dan disamakan dengan kalimat yang kerap digunakan dalam pembicaraan setiap hari. Apabila kalian ingin kamus yang lebih lengkap, maka opsi kedua ialah kamus buku.

Ukuran sudah pasti lebih besar dan tebal bila dibandingkan kamus saku. Seperti kebanyakan kamus lain, kamus buku berbahasa Inggris mempunyai isian yang padat, full text, dan memiliki ukuran tebal. Kamus tipe ini benar-benar pas untuk kalian pakai belajar dalam rumah.

Baik itu untuk memperbanyak kosakata atau untuk mengartikan esai berbahasa Inggris atau membuat sendiri esai berbahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Disamping itu kamus buku tidak cuma berisi terjemahan kosa kata saja. Sudah ada beberapa kamus yang mengulas antonim, sinonim, atau yang berisi pelajaran lengkap mengenai bagaimana memakai kata dan membuat kalimat berbahasa Inggris.

2. Pilih kamus sesuai kelengkapan isinya

Ketika menentukan kamus, kalian harus juga memerhatikan isinya. Disamping itu, kalian perlu mempertimbangkan keperluan pemakaian kamus. Dengan tebal yang berbeda, kamus ini memiliki isian yang tidak sama juga. Jika kalian adalah pemula, seharusnya tentukan kamus yang memberikan makna kata, cara memakai kata, dan pelafalannya.Lalu bila kalian telah menguasai bahasa Inggris dasar, dan ingin lebih menambah kemampuan berbicara, pilih kamus seperti Cambridge English Pronouncing.

Isian kamus tersebut pasti lebih berguna untuk kalian yang ingin belajar aksen British atau Amerika. Kamus yang tebal pasti mempunyai isi yang lebih lengkap. Dan umumnya dilengkapi dengan ulasan lengkap. Ada juga kamus yang lebih kecil atau tipis, umumnya berisi definisi kata saja. Atau ada juga kamus yang berisi ulasan mengenai percakapan dan balasannya yang umum dipakai setiap hari dalam bahasa Inggris.

3. Pastikan mengecek reputasi kamus

Ada beberapa kamus yang memakai bahasa marketing, seperti “10 miliar kata”, “terlengkap”, atau “belajar bahasa Inggris dalam 24 jam”. Tetapi, ketika hendak membeli kamus, janganlah sampai kalian tertipu dengan judulnya saja. Seharusnya kalian memeriksa latar belakang kamus tersebut, seperti penulis, penerbit, sampai reputasinya. Beberapa kamus bahasa Inggris yang sudah terbukti kualitasnya ialah versi Oxford, Collins, dan John Echols.

Mempunyai kamus seperti ini bisa juga memberikan dukungan kalian yang mengikuti kursus belajar bahasa inggris. Selain memeriksa latar belakangnya, pastikan juga kalian membeli kamus bahasa Inggris versi aslinya (bukan bajakan). Kemungkinan harganya lebih tinggi dibanding versi bajakannya, tapi kualitasnya telah terjamin sehingga kalian dapat belajar dengan lebih nyaman.

Demikian artikel tentang cara memilih kamus yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips tersebut bisa menjadi bahan referensi dalam memilih kamus dan bermanfaat untuk kalian semua.